Tony Q Rastafara “Tragedi”

Tony Q Kembali merilis single terbaru berjudul Tragedi yang sudah tersedia di berbagai digital music platform dan premiered di kanal youtube per tanggal 13 Februari 2024. Tembang alegoris mirip kisah ‘Animal Farm’ yang bernada satir ini memang sengaja di rilis sehari sebelum tanggal pemilihan presiden Indonesia agar menjadi renungan bagi audiens di Indonesia.

Kalau disimak secara lirikal mas Tony memang terkenal sangat berempati dan punya konsern yang sangat besar terhadap berbagai aspek sosial dan politik di masyarakat yang secara konsisten ia suarakan lewat lagu-lagunya. Sebagaimana misinya menjadikan reggae sebagai media syiar, kendaraan untuk menginspirasi, mengedukasi para ‘manteman’ (fans) dan bahkan menghardik ‘Babylon system’ yang korup. Musik reggae bagi Mas Tony sudah jelas tidak netral karena memihak masyarakat jelata yang sederhana dan secara khusus menjadi advokasi bagi mereka yang tertindas dan dirugikan oleh sistem. Itu merupakan sikap pasti yang secara konsisten dan penuh integritas ditunjukkan lewat karya dan sikap mas Tony.

Lagu ini diawali dengan bunyi ‘siren’ yang menggema menyerukan tanda ‘bahaya’ atau waspada akan gempuran anjing, babi, monyet, tikus, ular serta buaya.  Secara konseptual kumpulan hewan tersebut memang merupakan metafora mewakili karakterisasi tamak dan korup dari tokoh anonym yang menjadi target kritik di lagu ini. Meski demikian, siapapun yang memiliki kepekaan pasti bisa relate dengan pesan yang hendak disampaikan disini. Diharapkan lagu ini bisa menjadi hiburan serta edukasi bagI ‘manteman’ dan Masyarakat Indonesia secara umum. Semoga damai dan keadilan senantiasa menaungi negeri tercita, salam Damai, Yo Man !

(Yedi)

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

You May Also Like

KunoKini ft. Dani – Anak Panah

Dimensi berbeda tentang kontemplasi dengan musik dari KunoKini

MouseFX – MouseFX In Jamaica

Harmonisasi ala Kanton dan Jamaika yang begitu menyatu