Reggae X’Mas 2021

Salah satu pesta budaya sound system di tanah air yang sudah berlangsung selama lebih dari satu dekade kembali hadir. Reggae X’Mas, adalah salah satu acuan kegiatan tahunan yang diinisiasi oleh aktivis dan para pelopor Jamaican Sound dari Ibukota yang tergabung dalam kolektif Klab Reggae 73.

Sempat absen karena pandemi, gigs “Reggae X’Mas” kembali dihelat pada tanggal 22 Desember 2021 lalu di Beyond Bar, Sunbreeze Hotel – Jakarta oleh Klab Reggae 73 x Klab 73. Dan bagaikan sebuah garansi, pesta ini selalu memberikan kegembiraan penuh budaya bagi para audiens nya. Baik dari suasana, set list dan tentunya para headliner dalam setiap seri yang mereka gelar.

Tepat pukul 17:00 WIB, Reggae X’Mas 2021 dibuka dengan sesi piringan hitam. Sir Allen menampilkan set early reggae dan soul sebagai pembuka acara. Dilanjutkan dengan Mela yang juga salah satu punggawa dari grup karismatik tanah air; White Shoes And The Couples Company. Vibrasi dari set yang dimainkan oleh salah satu protagonis pada pesta ini menggambarkan sisi lain dari sang sosok yang penuh pesona ini. Sun Go Sound menyambut energi yang telah terbangun dengan track-track bernuansa jungle dan membuat lantai dansa makin padat.

Sosok penjaga api musik dub asal Cirebon, Baxlaxboy, membuat lantai dansa semakin panas. Ia menampilkan komposisi andalannya serta 2 track single untuk mini album nya yang akan datang. Dub act Radit Echoman yang datang dengan peralatan lengkapnya, menyuguhkan aransemen melodi manis yang menjadi trademark dalam karyanya. Yella Sky Sound System, unit dub asal Jakarta membuat meriah lantai dansa dengan sajian dubplate bergizi. Sebelum penampilan dari bintang tamu utama, Deejay Gantung sukses menambah riuh suasana dengan suguhan seleksi vinyl set nya yang selalu mewah. Hadirnya sosok-sosok toaster seperti Juik Cobra, Roy Macan dan Lord Agusto membuat suasana semakin meriah penuh kesenangan, salah satu hal yang selalu ada dalam setiap seri dari gigs penuh budaya ini.

Dan inilah yang ditunggu-tunggu oleh para audience. Unit penuh daya asal Yogyakarta, Dubyouth, langsung menghentak dengan dentuman komposisi mumpuni milik mereka. Repertoire mereka tidak hanya menciptakan paduan suara dari audiens yang bersukacita melakukan sing a long, duo ini bagai magnet yang menarik seluruh audiens ke lantai dansa.

Photo credit from Instagram: @eatdrinksleepwell

Setelahnya, giliran komposisi tempo cepat dari jungle/drum and bass mengambil alih gegap gempita. Para junglist bersuka cita dengan penampilan dari salah satu pelopor budaya ini, Jerome dari kolektif Drum and Bass garda depan tanah air, Javabass dengan signature set andalannya. Dilanjutkan dengan Bolsq, yang juga bersanding dengan rapper Eitaro. Line up akhir pada hajatan Reggae X’Mas, ditutup dengan sempurna lewat iringan penuh energi di bawah kendali scenester fantastis; Mantasticmate. Reggae X’Mas, Pesta penuh daya dan bertenaga!

(kultur)

 

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

You May Also Like

Asian Dub Foundation “Access Denied” LP

LP terbaru dari Indo-dub-power, Asian Dub Foundation dengan pesan kritis yang makin mengakar.

Budak Nakal Hujung Simpang “Labu”

Single terbaru dari Budak Nakal Hujung Simpang

Phunktion – Javabass Soundsystem

Javabass Soundsystem adalah garda paling depan skena Drum n Bass / Jungle lokal.