Mighty Crown

Pada edisi spesial akhir tahun kali ini kami mendapatkan kehormatan untuk melakukan sesi tanya jawab via email kepada salah satu kekuatan besar sound system di Asia. Satu satunya, Mighty Crown. Unit musik yang sedang mempersiapkan sebuah sajian bersejarah pertama kali di Asia, Far East Reggae Cruise pada tanggal 17-22 September 2022. Selamat membaca.

Pertama tama, bisakah menceritakan bagaimana Mighty Crown bermula dan apa yang membawa kalian ke dalam budaya sound system?

Mighty Crown bermula pada tahun 1991 di Yokohama, Jepang. Kami biasa berkumpul di bar dan klub reggae di Yokohama karena tempat-tempat itu adalah tempat paling populer di saat itu. Kami terinspirasi atas musik musik dancehall & reggae yang dimainkan di sana dan itu mendorong kami untuk berhimpun.

Tahun 1991 saat kalian pertama berhimpun, bagaimana situasi budaya sound system di Jepang saat itu?

Masih sangat kecil pada waktu itu. Hanya ada beberapa sound system yang sudah aktif seperti di Yokohama, Nagoya, Tokyo dan Osaka.

Apa tantangan terberat yang dijalani oleh Mighty Crown dalam 30 tahun karirnya?

Untuk selalu siap kompetitif bersaing dengan banyak sound system terbaik sebagai perwakilan sound system dari Jepang. 

Apakah kalian masih memiliki sesuatu yang ingin dicapai setelah jauh berkarir selama 30 tahun ini?

Kami ingin membawa Mighty Crown dan skena reggae dancehall menuju sebuah dimensi yang berbeda, dan berharap upaya kami ini tidak berakhir begitu saja, dan sangat ingin mendorong generasi baru untuk memperluas karir mereka.

Bisakah menceritakan bagaimana awal mula Mighty Crown hadir pada acara soundclash di Jamaika? Dan siapa lawan terberat Mighty Crown di soundclash? Apakah ada momen menegangkan saat mengikuti SoundClash?

Diterima dan dihormati di kancah soundclash sebagai representasi sound system asal  Jepang (Non-Jamaika) adalah sebuah tantangan besar. Jamaika tidak akan memberi kredit secara cuma cuma, sampai memang layak untuk mendapatkannya. Kita harus bekerja ekstra keras dan berjuang untuk itu! Kami telah bersinggungan secara langsung dengan sound system terbaik di dunia seperti Killamanjaro, Bass Odyssey, Black Kat, Tony Matterhorn dan David Rodigan. Mereka begitu berjaya dan bukanlah unit sound system yang mudah dikalahkan. Begitu banyak momen menegangkan, mulai dari tembakan, perkelahian, botol dan batu yang berterbangan ke atas panggung.

Seperti diketahui, kalian memiliki berbagai dubplate dari nama besar, apa koleksi pertama kalian dan bagaimana bisa mendapatkannya saat itu?

Dubplate pertama kami adalah Nikodemus yang direkam di Brooklyn. Sami-T dulu tinggal di Brooklyn, hal inilah yang membuat kami bisa mendapatkan nya.

Kalian memiliki berbagai koleksi mulai dari Alton Ellis hingga Damian Marley, adakah pengalaman paling susah untuk mendapatkan sebuah dubplate?

Pada dasarnya kita bisa mendapatkan dubplate dari artis mana pun jika artis tersebut memahami budaya ini dan jika artis tersebut masih hidup tentunya. Bagian yang sulit adalah menyesuaikan waktu mereka untuk itu.

Jika Bob marley masih ada, kira-kira lagu apa yang ingin kalian miliki untuk sebuah dubplate, dan apa alasannya?

Kami di sini, terdiri dari 4 selector, maka kamu akan mendapatkan empat jawaban berbeda, dan daftar itu terlalu panjang untuk dijawab

Di beberapa negara, dubplate kurang populer. Apakah Mighty Crown berkenan memberikan beberapa saran bagaimana membuatnya lebih populer?

Skena pesta dan dansa internasional telah berubah dari begitu banyak dub hingga menjadi begitu sedikit dub. Yang paling penting adalah kita (pelaku budaya sound system) harus menjadi populer untuk membuat dub menjadi populer.

Dan, apa saran dari Mighty Crown untuk siapa saja yang ingin mendapatkan dubplate? Mungkin sebuah jalan pintas atau tip khusus?

Perbanyak dan bangunlah jaringan dengan para seniman dan banyak sound engineer.

Mighty Crown akan merayakan 30 tahun karirnya dengan mengadakan pesta di kapal pesiar. Bisakah ceritakan awal dari ide ini? Apakah terinspirasi oleh Jamrock Reggae Cruise? Bisakah memberi tahu kami sedikit tentang nama-nama yang akan bergabung dengan pesta ini? Apakah pesta ini juga akan membuka kesempatan untuk selector atau MC mana pun untuk bergabung?

Hormat untuk Damian Marley! Kami benar-benar terinspirasi oleh “Welcome to Jamrock Reggae Cruise” Semua artis, musisi, DJ reggae & dancehall Jepang terbaik akan hadir, kami juga akan membawa Rory dari Stone Love (Jamaika), Bobby Kondors dari Massive B (NY/HOT 97) dan Deejay Puffy dari Barbados. Kami tidak dapat mengatakan apa-apa saat ini tetapi kami berencana untuk membawa aksi reggae top dari Jamaika. Ini akan menjadi sejarah di Jepang dan seluruh Asia.

Setelah 30 tahun berkarir, apakah ada nama yang sangat berarti bagi perjalanan musik Mighty Crown? Siapa dan apa saja yang telah mereka bagikan?

Pastinya Irish & Chin yang merupakan bagian dari manajemen, saudara dan keluarga kami. Mighty Crown and Chin melewati banyak tantangan selama lebih dari 20 tahun. Kata-kata tidak cukup untuk menjelaskan semuanya.

Sebagai salah satu unit yang menginspirasi banyak orang, apa yang ingin Mighty Crown sampaikan kepada generasi muda yang baru saja akan memulai budaya sound system?

Tidak masalah berasal dari negara mana, karena yang terpenting adalah memiliki dedikasi dan percaya pada apa yang kita cintai. Jika kita memiliki gairah dan cinta, hal itu akan membawa hasil suatu hari nanti.

Kami adalah fanzine musik Jamaika yang berbasis di Indonesia, izinkan kami berterima kasih atas kesempatan ini. Apakah ada pesan yang ingin dibagikan kepada para penggemar Mighty Crown, khususnya yang berada di kawasan Asia?

Terima kasih telah bersama kami. Kami ingin semua penggemar reggae & dancehall datang bergabung dengan Pesiar Reggae Fareast pertama yang bersejarah ini. Kami ingin semua penggemar reggae Asia menjadi bagian dari sejarah yang kami ciptakan di sini di Asia. One Love !!

 

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

You May Also Like

Denny Frust

Motivasi dan keyakinan terhadap sebuah impian dan tawa renyah yang hangat dari sang “Pangeran”

Ras Muhamad

Proses menemukan kembali jati diri, berubah dan berevolusi dalam album baru

Danar Pramesti

Pemuka Pentas Nan Ramah Dan Ceria