“Danza Dub” Oleh UJUNGPANGDUB x PUNTIUNG

Pada akhir tahun 2023, ketika cahaya remang bulan berpendar dengan malu-malu bersama awan gelap yang sebagian besar menyelimuti langit, Ujungpangdub x Puntiung mempersembahkan sebuah perayaan musik yang tak terlupakan, Danza dub. Perayaan yang berlangsung di pedalaman hutan Desa Wisata Bissoloro kab. gowa sulawesi selatan, sekitar 40 km di sebelah barat kota makassar. Danza Dub membawa paduan harmonis antara budaya sound system ala Jamaica dengan kesegaran atmosfer pepohonan pinus di camping ground Puntiung. Serta, menciptakan pengalaman musik yang membangkitkan semangat jiwa, menuju malam pergantian tahun 2024.

Foto oleh @ajib_auladi

 

Temaram cahaya dari balon-balon 5 watt menerangi jalur yang menantang di antara pepohonan pinus, di tengah hamparan rerumputan hijau, dengan suhu malam yang menyentuh 20 derajat Celcius, Danza Dub menciptakan suasana magis. Partysipan dapat melupakan hiruk pikuk dan suhu panas perkotaan. Danza dub seolah membawa dunia yang berbeda, yang hanya dapat ditemukan di tengah alam liar. Camping ground Puntiung berubah menjadi panggung alami–yang didalamnya kedatangan alien sebagai tamu, Partysipan! Didukung dengan instalasi Magic Mushroom di sudut sudut venue, memicu imajinasi para Partysipan bahwa mereka berada pada dimensi lain, out of space! 

Foto oleh @ajib_auladi

Headliners yang berisi representasi Local Heroes dari Sulawesi Selatan mulai dari Wahyu dan Zaldy A.ka Cowok Pan69ilan (Pare-pare), Irwan A.ka Dralls (Sudiang), Ramanus A.ka D’Montiss (Gowa), Alta and Irwan A.ka Bakdap (Makassar), Saldi A.ka Dancing Goat (Gowa), menyajikan setlist massive lewat bassline solid yang juga menyertakan molekul molekul dub ala King Tubby hingga gaya Jungle-reggae! Sebuah alur pesta yang membawa Partysipan melakukan refleksi dan menutup tahun 2023 dengan suka cita! 

Foto oleh @ajib_auladi

Saat detik-detik pergantian tahun tiba, kembang api melewati daun-daun pohon pinus, menyemarakkan suasana. Partysipan semakin menikmati repertoire dari para headliners. Susana ini seperti membawa ruang kontemplasi yang siap membidani lahirnya ide-ide untuk segera diwujudkan, refleksi optimisme!

Foto oleh @ajib_auladi

Dalam suasana intim dari musik dub dan alam, Danza Dub juga memperkuat perayaan ini dengan mendorong interaksi aktif antara para  Partysipan. Hal ini dimanifestasikan lewat Danza Dub Market, yang menghadirkan Amoksa store, Purplehaze studio, Cambs House, The Bultar, Neurotropeace, hingga Maula.pak dengan produk produk kreatif mereka. 

 

Danza Dub, sebuah pesta musik yang terlampir dari sebuah upaya merawat interkoneksi para penggiat subkultur Jamaican Sound di Indonesia yang datang dari kota Makassar. “Ujungpangdub x Puntiung” sebagai penggagas, mendapat dukungan dari berbagai kantong kolektif: Dub Alliance tanah air, mulai dari Bali Dub Club, Get Sub foundation, Bandung Dub House, dan para kamerad makassar seperti; Jin partam 404, Makassar Reggae Supporter, Berandaxsound, Amoksa, Ru Happy, Red Carpet, Tobatco Store, Klaiklab, Kompleks Utm, Rumanus, Project Kiri. Serta dukungan persuasif dari pionir dub makassar Fami Redwan Traggic Soundsystem, beserta rekan media partner Throne Media, Kultur, Provoke, Alt Space dan Clue Today.

(Teks: Farhan, Editor: Sam)

 

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

You May Also Like

Hollie Cook LP “Happy Hour”

Horison lovers rock penuh pesona dari Hollie Cook

Khalia – “No Better Day”

Single Terbaru Dari Khalia

Manudigital – “Dub Trotter” (LP)

Serangan digital dalam format riddim milik talenta spesial dari Prancis