Konser 25 Tahun Shaggydog

Unit ska penuh pesona asal Yogyakarta, Shaggydog, menggelar hajatan “Be25ulang.” Pesta yang berlangsung pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2022 lalu, merupakan selebrasi atas 25 tahun perjalanan musik unit ska legendaris ini.

Bertempat di Gudskul Ekosistem, Jakarta Selatan, band yang lahir di wilayah Sayidan – Yogyakarta ini, membuka rentetan hajatan lewat pameran foto “Rudy’s Story” (Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog) pada 24 hingga 27 Agustus 2022. Lewat kurasi yang dilakukan oleh Edwin Roseno, kerjasama antara Ruang Mes 56 dengan Agensi 56 melalui perwakilannya Anang Saptoto, mereka mendigitalisasi arsip foto dari negatif film yang berhasil dikumpulkan sejak 1998 hingga 2006. Beragam memori begitu rapi tersusun dalam arsip foto perjalanan Shaggydog, sebuah sejarah yang patut dipelajari dari sebuah unit ska di tanah air!

Photo courtesy: Shaggydog

Mengutip penjelasan singkat dari Bandizt (bassist), Raymond (gitaris) dan Yoyo (drum) dalam konferensi pers yang digelar pada 25 Agustus 2022 di M Bloc Space, Jakarta Selatan. Mereka bersepakat untuk memakai tema “Be25ulang” setelah Heru (vokal) datang dengan ide kata yang lekat dengan “minuman.” Bekerjasama dengan promotor event Rajawali dan iKonser dalam perhelatan ini, Shaggydog memang menjadi lebih siap.  Hal ini diamini oleh Bandizt, “Jadi, kita lebih fokus pada song list dan latihan. Karena, kami baru kali ini tampil dengan 25 lagu.” Catatan lain, semangat kolektif dari Shaggydog sebagai salah satu unit ska yang hingga hari ini masih berkibar dengan formasi original dapat disaksikan lewat sederet tamu dalam konser tersebut. Mereka mengajak banyak scenester ska tanah air berbagi energi di atas panggung bersama. Sebuah semangat berhimpun yang membumi!

Konser diawali dengan medley “Kecoa” dan “Rudy’s Story” yang langsung membakar lantai dansa. Lengkap dengan tata lampu dan visual dari line up Shaggydog pada layar di belakang stage yang sebelumnya dibuka dengan ajakan mengumandangkan lagu kemerdekaan “Indonesia Raya” bersama sama. Hadi, frontman dari Noin Bullet yang hadir sebagai tamu pertama lewat lagu “Bis Kota”, sukses memberi infusi bertenaga dalam konser ini. Repertoire lawas seperti, “Pesan Untuk Teman”, “Room”, “Oya” dan “Nona” dimainkan dengan aransemen yang lebih segar. Trisno (vokalis Tipe X) mendapat giliran memimpin sing-along malam itu lewat salah satu hits single Shaggydog, “Anjing Kintamani”. Kemudian, Lilik (keyboardis Shaggydog) mengambil alih mikrofon dan mendendangkan “Joni Lint” dan “Doggy Doggy.” Berikutnya, Danar (vokalis Souljah) turut serta membagikan pesona nya dalam perayaan “Be25ulang” lewat lagu kontemplatif ala pasukan Sayidan, “Pulau Impian”.

Shaggydog menunjukan kelasnya sebagai salah satu legenda ska di tanah air lewat kecermatan mereka menyusun repertoire yang selalu memberikan garansi berdansa bagi setiap mereka yang datang pada konsernya. “Lagu Rindu” dan “Lagu Spesial” dibawakan dengan apik untuk mengantarkan kenikmatan penonton pada “anthem” dancehall crasher milik mereka, “Kembali Berdansa.” Yang pada malam itu mendapat suntikan energi lain lewat kehadiran dua tamu, Dawny (vokalis Jun Fan Gung Foo) dan Vicky (gitaris Jun Fan Gung Foo). Tidak selesai di situ, lagu “Jalan-Jalan” begitu bertenaga membuat sing-along makin riuh. Selanjutnya, Giliran Iwa K menjadi tamu pada malam itu menyanyikan “Putra Nusantara” yang sempat menyelipkan beberapa bar lagu “Bebas” milik sang rapper sebagai mash-up. Shaggydog kemudian memainkan sebuah single yang akan mereka rilis dalam waktu dekat, “Koboy Kota” yang dilanjutkan dengan lagu “Hey Cantik”. Berikutnya, salah satu veteran ska Indonesia, Boriz (gitaris Artificial Life) menjadi tamu pada lagu “Rock Da Mic.” Kemudian, lagu “Bersinarlah Kembali”, “Honey”, “Ditattoo” dan “Ambilkan Gelas” berturut-turut dimainkan.

Photo courtesy: Shaggydog

Konser 25 Tahun ini, ditutup dengan sempurna lewat anthem “Sayidan” yang juga menjadi salah satu lagu terbaik sepanjang masa pilihan Rolling Stone Indonesia. Wiro (gitaris Sentimental Moods) menjadi kolaborator terakhir di konser ini lewat encore penuh tenaga milik Shaggydog!

Di tanggal 25, lewat 25 lagu merayakan 25 tahun, tentu sesuatu yang istimewa, di malam itu, Shaggydog menyampaikan pesan penting nan membumi, “Angkat sekali lagi gelasmu kawan!” dan semua kami mengamini, “Be25ulang!”

(Keyko, Sam)

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

You May Also Like

C Wyne Nanykalala “Global Apartheid”

Solois asal Uganda – Afrika, C Wyne Nanykalala, kembali bekerja sama dengan produser asal ...

Caltonettes Serenade – Serenada

Serenada yang murni dari Caltonettes Serenade