CoolieDread

Semarak gegap gempita musik Jamaika di berbagai belahan dunia selalu meriah. Banyak nya ragam manifestasi dari nexus musik musik Jamaika hadir membawa pesona. Begitu juga di kawasan Asia Tenggara, sesuatu yang menarik untuk disimak.

Skena di Filipina banyak melahirkan musisi dan talenta mumpuni yang turut berperan dalam khazanah Jamaican sound di Asia Tenggara. Salah satu sosok yang aktif adalah CoolieDread, seorang produser asal kota Cebu. Saat ini, ia sedang memperkenalkan talenta talenta baru dari negaranya serta mengangkat kembali banyak veteran musik di sana kedalam satu “keluarga musik” dari Filipina.

Pria dengan lama lengkap James D’Lonsod ini, memulai karir musiknya sejak 1998. Bermula sebagai drummer untuk band HERBS. Bersama grup tersebut, ia menghasilkan sebuah LP yang diluncurkan tahun 2002. Ia juga dikenal sebagai penata suara film profesional. Ia membentuk CoolieDread and the Microphone Commanders (CDMC) pada pertengahan 2005 setelah HERBS tidak lagi aktif. Bersama CDMC ia menyebarluaskan dancehall di Filipina. Bahkan CDMC bersinar dalam sebuah ajang kompetisi musik di sana, “Motorola Rock’moto” pada tahun 2006.

Pada 2009, sebuah undangan khusus dari salah satu pesohor reggae lokal, Jr. Kilat, untuk bergabung dalam turnya sebagai Dj sampling. Sejak itu hingga kini, CoolieDread aktif memproduksi track dan beat untuk Jr.Kilat’s sound. Keduanya pernah mewakili Filipina dalam “Shanghai World Expo” tahun 2010 di Shanghai – Cina. Diluar nama tadi, CoolieDread juga mengerjakan beberapa proyek, diantaranya kolaborasi bersama Cattski, Gaucho, Milagros Dancehall Collective, Lady-I.

Ia mengibarkan sebuah label rekaman dengan bendera Skank and Groove Records pada tahun 2010. Imprint musik ini menghasilkan produksi untuk CDMC, ArchieMan, JCOY, TYO aka Uncle Skank, Jaz, Michal Garcia (Kanada), Johnson Levi (Prancis), Martin Buchanan (Inggris Raya & Jamaika) dan DoRock (Jepang).

Ikuti petualangan lanjutan dari CoolieDread lewat media sosial miliknya:
Website | Instagram | Facebook | Youtube

(Keyko, Sam)

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

You May Also Like

Ready Steady

Unit musik yang membawa repertoire rocksteady asal kota Padang ini bermula pada tahun 2009. ...

O.B.F – SIGNZ

Ritme tanpa henti dari salah satu tokoh sound system papan atas asal Prancis

Radit Echoman

Salah satu pelaku dub tanah air yang produktif