Denny Frust

Tanya-jawab singkat bersama Denny Frust, Indonesian Prince of Ska.

Ekosistem, Saling-silang motivasi dan keyakinan terhadap sebuah impian adalah beberapa hal yang amat erat dengan tamu “kultur” kali ini. Diantara padatnya jadwal dan penjarakan sosial, akhirnya kami menerima email balasan dari sosok satu ini. Setelah itu, lewat panggilan video kami sempat mendapat ajakan bertemu dari nya, “Yuk, ketemu, aku siap berbagi” (sebuah gesture dari nya untuk siap memberikan waktu jika “kultur” ingin menambahkan materi). Ditutup dengan tawa renyah yang hangat, sang “Pangeran” seperti  menggarisbawahi kutipan khas miliknya, “Mari Bergerak, Ahoy!”

Suatu malam (di rumahmu) kita pernah bercerita panjang lebar tentang ide membawa karya Indonesia lebih jauh. Saya simpulkan, Denny Frust itu serius dan strategis sekali. Lain waktu, saya terpingkal dengan seloroh ekstrim mu bersama teman-teman (Trebor misalnya) di akun medsos, mana yang Denny Frust pilih: “It is nice to be important” atau “it is important to be nice”?

“Sebenernya kalo buat aku penting untuk kita berbuat baik dan memotivasi sesama karena secara tidak langsung kita akan menjadi hal yang penting untuk dipikirkan oleh sesama kita dalam pergerakan mereka.”

Surabaya, (kota asal mu) tercatat sebagai kota yang banyak melahirkan musisi rock. Denny Frust justru mengambil jalur musik ska, bahkan ditasbihkan sebagai “Prince Of Ska”. Selain Ska, apa saja isi playlist Denny Frust, ada Band Rock di dalam nya?

Justru hampir 2 tahun belakangan ini aku malah jarang dengar Jamaican music. Dan aku terkesan kurang update hahaha

*lewat panggilan video, Denny Frust menyebut nama Engelbert Humperdinck dan Tom Jones sebagai album yang akhir akhir ini sering Ia putar dari koleksi piringan hitamnya.

Bukan Karena jenuh tapi aku harus fair dengan kupingku. Karena jauh sebelum aku main Jamaican Music, aku udah dengerin bermacam-macam musik. Dan di playlistku pun hanya ada 2 atau 3 lagu aja yang Jamaican musik. Selebihnya Pop Soul Jazz & Classic Rock, dari beragam musik inilah aku bisa lebih bebas membuat karya original dengan Benang Merah Jamaican Music dan beda dengan band-band lainnya. Terutama dari cara aku bernyanyi.

Sebagai seorang “Prince Of Ska”, apa makna kata “regenerasi” bagi Denny Frust?

Regenerasi sangat penting. Untuk menjaga ekosistem musik agar tetap eksis.

Dari Zaman Alaska, hingga Johnny Osbourne, lalu kawasan Bulungan & Jl. Jaksa sampai ke Belarusia.  Semua karena Ska, apa yang selama ini Denny Frust serap dari (“filosofi”) Ska dalam berkesenian dan karir? Kira-kira, apa yang bisa kita tunggu di waktu mendatang dari Denny Frust untuk Ska di Indonesia?

Sebenarnya, Pada dasarnya memang aku cinta musik. Karena dari kecil memang sudah Diperkenalkan oleh Papi aku. Cuma kebetulan memang aku berkarya lewat musik Ska & Reggae, intense dalam merelease karya, dan membentuk karakter agar berbeda dengan yang lainnya. Tidak ada filosofi buat aku. Aku hanya tulus menjalankan dan yakin setiap karyaku pasti ada rejekinya.

Hari ini aku Baru merilis single terbaru yang berjudul “Tak Melebihi Kekuatanmu” yang sudah diputar di Radio-radio dan (bisa) diunduh di digital platform. Tgl 15 Agustus aku mulai masuk studio untuk live recording album baru yang nantinya akan dipilih untuk di record lagi secara track by track.

Pada tahun 2016, Denny Frust memutuskan untuk bersolo karir sekaligus merilis sebuah EP bertajuk “Tiada Beban” dengan single utama yang berjudul sama. Apa maksud dari “Tiada Beban”? Apakah berhubungan dengan Denny Frust memutuskan untuk bersolo karir?

Bisa dibilang begitu. Intinya sih jika kita melakukan pekerjaan, apapun itu, dengan tulus dan menganggap bahwa apa yang kita lakukan adalah suatu keharusan maka akan terasa lebih ringan dan bukan menjadi beban. Sama seperti ketika aku memutuskan untuk memilih Solo karir.

Sejak solo karir, tanpa bandmates. Dalam proses rekaman, bagaimana cara Denny Frust memilih musisi tamu atau pendukung untuk proses produksi? Seberapa besar perbedaan proses produksi saat sebelum dan sesudah solo karir?

Kebetulan musisi-musisi yang membantu memang sudah aku kenal dari lama dan biasa main bareng jadi ga ada kesulitan karena kita sudah tau karakter masing-masing. Solo beda banget, karena aku harus memikirkan sendiri semuanya. Mulai dari pembuatan materi, recording, mixing & mastering dan packaging. Promosi semua sendiri dan yang pasti, duit sendiri hahahaha

Ribet memang. Tapi disitulah seninya.  Kalau aku ga mencoba aku ga akan pernah tau. Dan yang jelas Impianku terwujud. Karena artist yang punya Album Solo itu menurutku Keren Banget.

Denny Frust sudah mengalami “jatuh bangun” dalam berkarir di musik Ska. Pada sebuah artikel, Denny bercerita sempat menempuh perjuangan yang “berdarah-darah” setelah memutuskan untuk bersolo karir. Tapi semangat itu yang akhirnya menginspirasi banyak orang. Apa yang membuat Denny Frust bisa tetap konsisten berada di jalur musik Ska?

Impian. Semua karena aku punya mimpi dan aku harus mencoba mewujudkannya. Kalau memang tidak terwujud, paling tidak aku sudah berusaha semampu aku. Karena kalau aku bunuh mimpiku. Sampai mati aku bakal kepikiran hahaha

“Mari Bergerak Kawan!” menurut Denny lebih pop dan bahkan mainstream. Apakah Ide ini datang dari Denny Frust sebagai musisi atau ide besar dari Denny & manajemen sehubungan dengan strategi pemasaran?

Yang menyenangkan dari management aku yang sekarang adalah mereka membebaskan aku dalam berkarya, apapun itu. Tentunya dengan tanggung jawab dan mau terbuka dengan saran dan masukan, sebagai pertimbangan sebelum merilis karya, baik itu single atau album. “Mari Bergerak Kawan” adalah ideku, dan management yang membuat lagu ini lebih dikenal oleh banyak orang yang jangkauannya lebih luas dari Album sebelumnya. Dan inilah yang dinamakan teamwork. 

Tidak resmi, kita pernah spontan jammin’ pada suatu waktu, power suara dan artikulasi mu adalah sesuatu yang istimewa! Sebagai musisi, apakah kelebihan dan kekurangan seorang Denny Frust? Bagaimana cara menjaga dan mengatasi dua hal tersebut?

Aku kurang membaca, makanya lirik laguku ga bisa puitis seperti pencipta lagu yang lainnya hahahha

Tapi sisi baiknya adalah lirik laguku mudah dicerna dan “to the point”.

Dan rata-rata lirik laguku Alkitabiah (dan) memotivasi Semangat hidup, dan itu menjadi trademark atau identitasku.

“AHOY!”, itulah kata yang sering disebutkan oleh Denny Frust dalam setiap penampilannya. Bahkan, kata tersebut sudah sangat identik dengan Denny Frust. Boleh ceritakan asal mula kata “AHOY!” itu pertama kali disebutkan, apa yang terlintas saat itu? 

Ahoy itu ucapan salam seperti Halo tapi lebih semangat, yang biasa dipakai oleh para Pelaut. Pertama kali aku ucapkan di dalam lagu “Sederhana Banyak Cinta” bareng “Monkey Boots” dan itu spontan saja. Semenjak itu, selalu aku pakai setiap perform atau ketika bertemu teman. 

(sam & keyko)

Nikmati single terbaru dari Denny Frust, “Tak Melebihi Kekuatanmu”

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

You May Also Like

Jenggo

A Royal Guest From Johar Baru, Jakarta-Indonesia.

Ras Muhamad

Proses menemukan kembali jati diri, berubah dan berevolusi dalam album baru

Rub Of Rub

"The Fire Of The Youth"