Kultur Mix #6

A set from AlexDub of Culturedub

AlexDub adalah pria asal Prancis di balik sebuah konsep bernama “Culture Dub”. Sebuah konsep yang terus menghantam dunia dengan cintanya terhadap dub musik sejak 1999 hingga sekarang. Dimulai dengan majalah berformat kertas, Culture dub memulai gerakan krusialnya pada tahun 2001. Kemudian AlexDub membawa gagasannya lebih jauh ke fase berikutnya, Radio! Sekitar 2 tahun, ia menjadi pembawa acara berdurasi 2 jam yang menyampaikan berita, wawancara, agenda, rilisan baru dalam ranah dub dari seluruh dunia. Dan tentu saja dia juga membawakan set live mewahnya sendiri, sesi musik dari piringan hitam.

Pada tahun 2005, konsep Culture Dub ini berkembang menjadi sebuah situs web satu atap tentang dub. Situs ini menyajikan kronik yang lebih luas dari fase sebelumnya. Di situs ini, publik bahkan dapat mendengarkan podcast, menonton wawancara video, menonton video musik terbaru dan menikmati “Culture Dub Jukebox” yang menyediakan seleksi musik eksklusif dan memberikan musik dari artis dub dunia yang dapat diunduh gratis. 

AlexDub kemudian mengembangkan pemikiran di balik konsep “Culture Dub” lebih jauh lagi. Dimulai pada 2010 “Culture Dub” menjadi label rekaman yang merilis vinyl dan format digital dari banyak artist dub terkemuka melalui net labelnya sendiri lewat bandcamp.

AlexDub juga dikenal karena kemampuannya membuat orang berdansa gembira dengan set-list yang ia susun, set-list yang kerap berisi dubplate dan lagu-lagu penuh sihir, dari gaya digital tahun 80-an hingga dub stepper. Dia telah berbagi panggung dengan banyak nama besar, seperti Asian Dub Foundation, Vibronics, Zion Train, Iration Steppas, Bush Chemists, Horace Andy, High Tone, OBF Sound System, Panda Dub, Dubmatix, Brain Damage, Mayd Hubb & Joe Pilgrim, Riddim Tuffa, Ackboo, Shamani Sound System, Mahom, Mexican Stepper, Legal Shot Sound System, Alpha Blondy, Soul Stereo, Nucleus Roots, Jah Love Sound System, Blackboard Jungle, Salomon Heritage, Legal Shot, Jah Militant, dan Big Red. Saat ini dia bekerja sama dengan pemain saksofon Prancis Guru Pope dan beberapa musisi/artis pendukung lain nya untuk tetap membakar lantai dansa.

AlexDub of ‘Culture Dub’

Sejak 1999 hingga sekarang, AlexDub bersama Culture Dub tidak pernah berhenti menyebarkan kecintaan pada dub. Tetap berbagi semangat merdeka serta filosofinya, dengan terus mengirimkan pesan militan dan tanpa kompromi kepada khalayak dalam mencari makna dan energi dari dan untuk dub itu sendiri! Dia percaya bahwa dub musik tidak hanya untuk didengarkan tetapi juga untuk menghidupkannya! Dia juga percaya getaran baik dari ‘sharing is caring’ atas nama dub, seperti yang dikatakan dengan sangat bijak oleh Prince Buster; “Musik Rakyat untuk Rakyat”

Buka browser Anda di sini untuk tetap terhubung dengan AlexDub dan “‘Culture Dub”
(sam)

Tracklist:
Intro
One Way Dubplate (Danny T & Dixie Peach)
Dub Version
Gaza Dubplate (Mr Noisy & Solo Banton)
instrumental Version
Up Dem Dubplate (Olo & Speng Bond)
Iron Humanity Dubplate (Organic Sound & Tenor Youthman)
Iron Humanity Dubplate ((Organic Sound & Isha Bel)
Iron Humanity Part 2 
Octopus Dubplate (Mezcal & Imanytree)
Dub Version
Zulu Riddim Dubplate (Dublaw & Makata)
Zulu Dub
Dub 935 Dubplate (Stepper Sons & Oryo)
Don’t Stop Dubplate (Stepper Allianz & Big Red)
Mix Up Attitude Dubplate (Suga Roy & The Fireball Crew)

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

You May Also Like

Kultur Mix #11

Homecooking tape from Hayassen Totalize, Japan

Kultur Mix (spesial) #VII

Homecooking tape from Nahraujo of Salto soundystem, Sao Paulo - Brazil.

Kultur Mix #9

Homecooking tape from Easybabasound, Malaysia